Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
KRPL
banner2
UPBS BP2TP
Tikus
Pengenalan Ayam KUB
e-Produk

Galeri Foto

Berita
Petani Tak Perlu Khawatir Berkurangnya Tenaga Tanam Padi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Suharno   
Rabu, 29 Januari 2014 07:07

Saat ini jumlah tenaga tanam padi di berbagai wilayah mengalami penurunan, terlebih lagi daerah-daerah yang berdekatan dengan kawasan industri. Kertebatasan tenaga tanam dibeberapa lokasi mengakibatkan waktu tanam padi mengalami penundaan, karena harus menunggu antrian dari tenaga tanam yang terbatas.  Adanya alat tranplanter padi, kedepan petani tidak perlu khawatir akan berkurangnya tenaga tanam akibat tumbuhnya sektor industri.

Kemajuan teknologi menyebabkan sebagian petani menanam padi dengan menggunakan transplanter padi karena lebih cepat. Luas lahan sawah berukuran 2.500 m2 tanpa pematang  ditanami padi dapat selesai  1-1,5 jam. Bila dibandingkan cara tanam manual yang dilakukan tenaga orang dengan luas lahan yang sama selesai 4-6 jam dengan jumlah tenaga tanam sebanyak 5-6 orang.

Tanam padi menggunakan alat transplanter pekerjaan petani lebih ringan dan tidak repot mengurusi bibit, karena petani hanya menyediakan lahan yang sudah siap untuk tanami. Sedangkan penyiapan bibit mulai perendaman, penyemaian, perawatan sampai dengan tanam bibit dilakukan oleh penyedia jasa tanam transplanter.

Biaya tanam kedua cara tersebut hampir sama besar berkisar Rp 380  ribu untuk luasan lahan ¼ Ha. Namun jika tanam manual menggunakan bibit yang diperoleh dengan cara membeli biayanya lebih tinggi kurang lebih 50-100 ribu rupiah.

Tranplanter padi yang beredar saat ini masih terbatas beberapa jenis.  Badan Litbang Pertanian telah merancang tranplanter padi jajar legowo 2:1 yang diberi nama Indo Jarwo Transplanter 2:1. Indo Jarwo dengan jarak antar baris  20x40 cm, sedangkan jarak tanaman dalam satu barisan dapat disesuaikan yaitu 10x13x15 cm.

LAST_UPDATED2
 
Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dra. Tarfuah   
Senin, 27 Januari 2014 11:06

Majelis Taklim Miftahunnajah Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta hari Jum’at (24/1) menyelenggarakan peringatan  Maulid Nabi Muhammad S.A.W. bertempat di aula BPTP Yogyakarta yang diikuti karyawan dan karyawati. Dalam sambutannya Kepala Balai  Dr. Sudarmaji mengatakan agar selamat di dunia dan akherat, harus berpedoman pada dua hal yaitu Al-Qur’an dan Al-hadist dan senantiasa mencontoh Nabi Muhammad S.A.W., beliau seorang nabi yang berakhlak mulia, yang kuswatun khasanah yaitu contoh yang baik, maka kita sebagai pegawai di BPTP Yogyakarta ini harus bekerja keras, ikhlas, cerdas dan tuntas.

Dalam perayaan maulid nabi tersebut, sebagai penceramah Ustad Ir. H. Chalid Mahmud, MT. anggota DPD RI Wilayah Yogyakarta. Dalam taujiyahnya beliau menjelaskan kandungan Al-Qur’an di surat Al-Baqoroh ayat 145 – 147 dan surat Al-An’am ayat 20. Kedua surat dalam ayat  tersebut menerangkan tentang kenabian dan kehidupan Rosulullah Muhammad S.A.W. dari masa kecil dan dalam perjalanan hidup semasa syiar agama islam di Makkah hingga akhirnya hijrah ke Madinah. Bahwa tentang kenabian Rosulullah Muhammad S.A.W.  sebelum lahir sudah dijelaskan di Al-Kitab para nabi nabi terdahulu, orang Yahudi sudah mengetahui dengan jelas mengenai hal tersebut, maka meragukan akan kebenaran ajaran Allah dan yang disampaikan oleh Rosulullah Muhammad S.A.W.

LAST_UPDATED2
 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jember Tertarik Perbenihan Krisan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kusnoto, S. Sos   
Kamis, 23 Januari 2014 08:42

Kunjungan Field Trip Mahasiswa Program Studi Teknik Produksi Benih, Jurusan Produksi Pertanian Politeknik Negeri Jember  Jawa Timur, ke BPTP Yogyakarta dilaksanakan pada hari Rabu (22/1) diikuti 36 Mahasiswa dengan didampingi Dosen Pembimbing 4 orang yang  dipimpin oleh Dr. Rahmat AS, MSi. Dalam pengantarnya Dr. Rahmat AS, MSI  terima kasih kepada BPTP Yogyakarta yang telah menerima Mahasiswa Politeknik Negeri Jember untuk melakukan Field Trip di BPTP Yogyakarta. Tujuan Field Trip ini adalah mengenalkan  kepada mahasiswa semester VII  agar dapat mengetahui  teknologi produksi benih  di tingkat lapangan, sebagai pembanding aplikasi  produksi  perbenihan dengan teori yang telah diperoleh.  Dalam kunjungan tersebut  BPTP Yogyakarta memberikan kenang-kenangan publikasi dan Politeknik Negeri Jember memberikan cenderamata kunjungan Field Trip ke BPTP Yogyakarta.

Dalam penerimaan Field Trip Mahasiswa Program Studi Teknik Produksi Benih Politeknik Negeri Jember, Kepala BPTP Yogyakarta yang diwakili Kasie KSPP Sinung Rustijarno, SPi., MSi.  bahwa Institusi BPTP Yogyakarta merupakan UPT Kementerian Pertanian yang ada di D.I. Yogyakarta yang tugas pokoknya menyediakan teknologi pertanian spesifik lokasi di D.I. Yogyakarta. Untuk perbenihan Unit Pengelola Benih Sumber UPBS BPTP Yogyakarta memproduksi benih VUB Padi dan bunga potong krisan.  Dalam pemaparan UPBS VUB Padi oleh Suradal, SST  BPTP Yogyakarta mempunyai mandat untuk produksi benih sumber VUB padi baik itu Inpari, Inpara dan Inpago yang sudah dikembangkan oleh Balai Besar Penelitian Padi Sukamandi. Pemaparan produksi benih krisan oleh Riefna Apriani, SP.MP memaparkan alur produksi Benih Sumber Varietas Unggul Baru Krisan,  produksi benih krisan yang telah dikembangkan Balai Penelitian Tanaman Hias Cipanas, BPTP Yogyakarta mempunyai tugas untuk memproduksi benih krisan untuk dikembangkan di wilayah DIY. Sedangkan  pemaparan Sutardi, SP. MSi memaparkan tentang pengujian benih padi di DIY.

Setelah mendengarkan paparan UPBS dalam perbenihan VUB Padi dan   krisan mahasiswa Politeknik Negeri Jember  mengunjungi kantor UBPS untuk melihat sistem kerja UPBS , prosesing benih, sistem penyimpanan dan pergudangan, dan mengunjungi rumah kubung perbenihan krisan yang dipandu oleh Tri Martini, SP. MSi. Pada umumnya mahasiswa responsif dan tertarik dengan sistem produksi benih krisan  dan belajar langsung cara menanam benih krisan di BPTP Yogyakarta.

LAST_UPDATED2
 
Seminar Proposal Pengkajian dan Diseminasi 2014 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Senin, 20 Januari 2014 13:27

Guna mempertajam Proposal Kegiatan Pengkajian dan Diseminasi BPTP Yogyakarta tahun 2014 dilakukan Seminar yang berlangsung pada hari Kamis (16/1) di Ruang Rapat BPTP Yogyakarta. Seminar ini sebagai upaya awal penyampaian informasi rencana pelaksanaan kegiatan tahun 2014 sekaligus menjaring saran dan masukan bagi penyempurnaan proposal tersebut. Proposal yang disajikan sejumlah 10 judul kegiatan pengkajian dan 23 judul kegiatan diseminasi tahun 2014 yang dipresentasikan oleh penanggung jawab kegiatan dan dihadiri peneliti, penyuluh dan pustakawan BPTP Yogyakarta.

Pembahas seminar proposal oleh peneliti dan penyuluh senior untuk mencermati tujuan, keluaran, metodologi serta hal lain yang berkaitan dengan materi yang disajikan. Kepala BPTP Yogyakarta selain menjadi pembahas utama juga sebagai pengarahan kepada seluruh penanggungjawab agar sesuai program yang akan dicapai BPTP Yogyakarta pada tahun 2014. Hasil pembahasan dan evaluasi proposal, terdapat dua kategori perbaikan yang perlu dilakukan oleh para penanggung jawab kegiatan yaitu perbaikan ringan dan sedang untuk segera ditindaklanjuti oleh masing-masing pelaksana kegiatan.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com