Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
PPID Kementan
100 Teknologi
WBS
benih jebol

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Info Aktual


Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal DIY PDF Cetak E-mail
Oleh Dwi Titaningsih   
Jumat, 13 Juli 2018 08:24

Bertempat di Aula Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kamis (12/7/2018) dilaksanakan Koordinasi Percepatan pendaftaran varietas lokal di DIY  tahun 2018. Acara ini dihadiri oleh 30 orang peserta  terdiri dari kepala Dinas kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Kepala bidang TPH, Kepala BPSBP DIY, Petugas benih tanaman wilayah Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Pelestari SDG spesifik lokasi DIY serta peneliti/penyuluh BPTP Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Joko Pramono  dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi globalisasi ke depan  bahwa varietas pangan akan menjadi aset yang berharga karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Untuk itu varietas yang berhubungan dengan pangan perlu diamankan, dan dilegalitaskan. Sehingga perlu didorong setiap kabupaten yang memiliki pangan lokal untuk dapat diidentifikasi dan didaftrarkan sebagai aset daerah. Untuk merealisasikan program tersebut  varietas/tanaman lokal  disetiap kabupaten akan diajukan ke PVT sehingga kedepannya menjadi jelas. Beliau juga berharap tahun 2018 tanaman lokal DIY dapat didaftarkan dan kedepannya dapat dijadikan bahan pangan yang berkualitas.

Pemaparan materi disampaikan oleh Dr. Wiji Astutiningsih SP, MP (Pusat PVT Pertanian ) dan Dr. Ermin Widjaja (BBP2TP) dengan moderator  Dr. Ir. Kristamtini  M.Si. Materi yang disampaikan meliputi : 1) Kerjasama percepatan pendaftaran varietas lokal sebagai upaya perlindungan dalam menyelamatkan plasma nutfah Indonesia  2) Sosialisasi pedoman umum. 3. Diskusi dan siding kelompok yang dibagi perkabupaten yaitu Gunungkidul, Sleman, Kulon Progo dan Bantul. Sidang kelompok bertujuan untuk melengkapi deskripsi, form pendaftaran varietas lokal yang akan didaftarkan dari masing-masing daerah. Selain itu juga bertujuan untuk menggali potensi dari masing-masing SDG yang akan didaftarkan kedepannya.

LAST_UPDATED2
 
Musim Kering, Petani Kutugan Gunungkidul Panen Padi PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 10 Juli 2018 09:22

Petani Kelompok Tani Sido Dadi Dusun Kutugan, Desa Pundungsari, Semin Kabupaten Gunungkidul hari Senin (9/7/2018) bisa menikmati panen padi saat musim kering. Hasil panen ubinan padi varietas Hibrida Arize mencapai mencapai 13 ton per hektar gabah kering panen. Luas tanam padi MT II mencapai 90 hektar, bahkan pada musim tanam berikutnya (MT III) petani masih dapat tanam padi seluas 11 hektar, sementara di wilayah Gunungkidul lainnya sebagian besar kekurangan air.

Untuk mencapai Dusun Kutugan yang terletak di puncak gunung kurang lebih 7 km dari Kecamatan Semin dengan medan cukup berat  dengan jalan menanjak dan berkelok-kelok. Jika telah sampai di Dusun Kutugan, perjalanan yang  berat dan cukup menegangkan akan terobati dengan sejuknya udara di wilayah tersebut.

Kepala BPTP Yogyakarta Dr Joko Pramono saat menghadiri panen merasa bangga,  pertanian di Dusun Kutugan Pundungsari Semin Gunungkidul cukup bagus, walaupun lahan kering petani bisa tanam dua kali bahkan bisa tanam tiga kali. Kedepan, dengan dukungan pemerintah, luas tanam pada musim tanam ke tiga dapat ditingkatkan. Kabupaten Gunungkidul manjadi salah satu pilihan untuk peningkatan luas tambah tanam (LTT) selain Kabupaten Sleman dan Bantul. Sementara Kabupaten Kulon Progo sebagian besar lahannya kering hingga September karena ada perbaikan saluran irigasi.

Sementara Ir. Bambang Wisnu Broto Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dalam sambutan panen padi mengatakan, Dusun Kutugan yang terletak terletak di puncak gunung dapat panen padi memcapai 13 ton per hektar dengan menerapkan teknologi jajar legowo 2 : 1 merupakan capai petani yang luar biasa. Hasil produksi pertanian di Dusun Kutugan Pundungsari menurut Ir Bambang Wisnu masih surplus produksi 35 ton untuk disimpan sebagai cadangan pangan

LAST_UPDATED2
 
Bimtek Plagiarisme Bagi Peneliti Badan Litbang Pertanian PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 06 Juli 2018 08:47

Plagiarisme telah lama menjadi sorotan dalam mempublikasikan hasil penelitian. Guna menghindari  plagiarisme, Badan Litbang Pertanian hari Rabu (4/7/2018) menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi peneliti lingkup Badan Litbang Pertanian di BPTP Yogyakarta. Bimtek diikuti peneliti dari BPTP Yogyakarta, Jawa Tengah dan Balai Penelitian Lingkungan Jakenan.

Pelanggaran kode etik penelitian dan publikasi bisa terjadi dilakukan oleh peneliti terhadap hasil karya orang lain. Hal ini bisa terjadi dilakukan secara sadar maupun ketidaktahuan serta ketidaksengajaan. Kasus pelanggaran kode etik yang paling sering terjadi adalah penjiplakan karya orang lain (plagiarisme) ungkap Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy M.Sc. Sekretaris Badan Litbang Pertanian saat memberikan arahan penyelenggaan Bimtek. Kedepan kita saling mengingatkan dan memberikan motifasi kepada peneliti semua terutama yang masih muda.

Sementara Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Joko Pramono dalam kata sambutan,  Bimtek kali ini  mengambil topik etika keilmuan dengan  tema Plagiarisme. Kesempatan yang bagus untuk mendengarkan bersama materi paparan dari narasumber. Kedepan kita lebih mengetahui dan lebih hati-hati karena penilaian karya tulis ilmiah semakin hari semakin ketat. Sehingga kita dituntut lebih profesional dalam  mengedepankan etika kita sebagai peneliti.

Nara sumber, Prof  Rosichon Ubaidillah dari LIPI memberikan materi etika keilmuan dan mengulas kode etika peneliti hingga kode etika publikasi ilmiah disertai contoh plagiarisme. Sementara Prof. Elna Karmawati menyajikan overview kinerja peneliti madya dan peneliti utama Badan Litbang Pertanian dalam mencapai hasil kerja minimal.

LAST_UPDATED2
 
Panen Sayuran di Taman Agro Inovasi BPTP Yogyakarta PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 05 Juli 2018 08:34

Sekretaris Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy M.Sc. hari Rabu (4/7/2018) disela-sela kunjungan kerja di Yogyakarta  meninjau  Taman Agro Inovasi Yogyakarta sekaligus melakukan panen sayuran terletak di kebun BPTP Yogyakarta. Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy M.Sc.  saat panen didampingi Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Joko Pramono dan Kepala BPTP Jawa Tengah Dr. Herwanto M. Si.

Selain panen. Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy M.Sc., melihat lebih dekat Mina padi berukuran 24 meter persegi dengan tanaman padi jenis Sembada Hitam dan ikan nila. Komoditas perkebunan tidak luput perhatian beliau yaitu tanaman lada perdu maupun minaponik.

Saat  meninjau kebun, Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy M.Sc. merasa tertarik dan memberikan apresiasi pembangunan Taman Agro Inovasi. Sebelum tahun 2018, taman terletak dihalaman depan BPTP Yogyakarta, namun mulai tahun 2018 dipindah di kebun belang kantor yang cukup luas.

Berbagai tanaman bunga kertas dan refugia menghiasi kanan kiri jalan Taman Agro Inovasi, sementara tanaman hortikultura yang ditanam meliputi timun, bayam merah, slada, terong, tomat, okra dan tanaman sayuran lainnya.  Sedang  tanaman pangan sebagai display berupa padi dalam ember plastik yang terdiri lima jenis meliputi varietas Sembada Hitam, Sembada Merah, Hipa 18, Inpari 43  dan Ciherang.

Dr Joko Pramono saat mendampingi kunjungan menunjukan beberapa varietas tanaman padi dalam pot yang akan dimanfaatkan sebagai bahan diseminasi saat dilakukan kunjungan. Dengan contoh tanaman dapat membedakan dengan mudah antara varietas yang satu dengan lainnya

LAST_UPDATED2
 
Tanam Padi MT II Terlambat Menyebabkan Kekeringan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 04 Juli 2018 09:30

Kekeringan tanaman padi yang terjadi disebagian lahan milik petani saat ini Kamis (28/6/2018) di Dusun Siraman III Siraman  Wonosari  Gunungkidul akibat tanam padi pada musim tanam II terlambat. Akibatnya, saat tanaman padi membutuhkan air untuk pengisian bulir padi,  air sudah tidak ada sedangkan air sumur ladang tidak mencukupi lagi untuk mengairi.  Hal ini disebabkan musim kering kemarau terjadi lebih awal pada dasarian III bulan April 2018. Lokasi ini merupakan lahan tadah hujan, suplai air sangat tergantung dari air hujan.

Menurut Jumiyo Ketua Kelompok maupun Mangun Samidi anggota Tri Tunggal Karya membenarkan bahwa kekeringan tanaman padi saat ini akibat tanam padi mengalami kemuduran satu bulan hingga akhir Maret. Hal tersebut diungkapkan saat melakukan peninjauan lapang bersama Dr. Joko Pramono Kepala BPTP Yogyakarta bersama Koordinator Penyuluh BPP Wonosari. Lebih lanjut dikatakan Jumiyo, petani menyadiri anjuran dari penyuluh tanam padi pada MT II paling lambat pada akhir bulan Februari atau awal Maret.

Mereka jelaskan, kemunduran tanam padi disebabkan tenaga kerja tidak ada. Petani sibuk menangangi hasil panen padi musim tanam I, seharusnyanya digunakan untuk mengolah lahan maupun menyiapkan tanam padi berikutnya. Petani menyadari sejak awal tanaman padi nantinya akan terjadi kekurangan air, walaupun demikian petani tetap dapat memanfaatkan jerami padi sebagai pakan ternak.

Guna meminimalisasi kegagalan panen kedepan di wilayah tersebut, pemerintah saat ini sedang membangun saluran irigasi dengan pipa sepanjang 1.600 meter dengan diameter 6 inci serta saluran air terbuka sepanjang 600 meter. Jaringan tersebut nantinya untuk mangalirkan air dari sumur  pompa yang terletak di Desa Kepek Wonosari menuju wilayah pertanaman di Dusun Siraman II Siraman Wonosari Gunungkidul.

LAST_UPDATED2
 

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 129

Warning: Illegal string offset 'active' in /var/vhosts/yogya/public/ind/templates/Template_Ver2.1/html/pagination.php on line 135


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com