Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Aplikasi Balitbangtan
PPID Kementan
100 Teknologi
WBS
benih jebol
Proquest

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Pengolahan Pupuk Organik Cair dari Kotoran Ternak Kambing PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 07 Juli 2014 09:05

Pupuk organik cair (POC) adalah pupuk cair yang diolah dari kotoran cair (urine) dan kotoran padat (faeces) ternak. POC dapat diolah dari kotoran ternak kambing, sapi maupun kelinci. POC bila dibandingkan dengan pupuk padat memiliki kelebihan antara lain volume penggunaan lebih hemat dan aplikasinya lebih mudah karena bisa digunakan dengan cara disemprotkan ke daun atau disiramkan ke tanah

POC dari kotoran ternak kambing dibuat dengan cara memasukkan semua bahan ke dalam ember, mulai dari molases dan EM-4 yang telah dilarutkan dalam air, kemudian diaduk dan didiamkan 5 menit. Selanjutnya masukkan SP-36, ragi tape dihaluskan dan diaduk hingga rata. Kemudian masukkan urine dan kantong kain berisi faeces ke dalam ember dan tambahkan air hingga mencapai 80% volume ember, aduk hingga kantong tenggelam. Ember ditutup rapat dan diamkan selama 48 jam. Setelah 48 jam, campuran di dalam ember diaduk pagi dan sore hari (@ 10 menit) selama 6 hari. Setelah itu, campuran telah siap digunakan sebagai pupuk.

Penggunaan POC sebagai pupuk bagi tanaman:

(1) Digunakan sebagai pupuk pada tanaman sebaiknya sesudah pemakaian pupuk dasar, agar efektivitasnya tinggi,

(2) Penggunaannya adalah satu liter POC diencerkan dengan 15-20 liter air,

(3) Penggunaan POC yang telah diencerkan dengan air dengan cara disemprotkan pada daun atau disiramkan ke tanah sekitar tanaman.

Manfaat penggunaan POC antara lain menyuburkan tanah, menghemat biaya pemupukan, meningkatkan produktivitas tanaman dan pendapatan petani. Hasil pengkajian di Kulon Progo pada tahun 2012 menunjukkan produksi kakao meningkat dua kali lipat dengan penggunaan POC dari kotoran ternak kambing dengan hasil produksi kakao sebanyak 215 kg menjadi 449 kg per hektar per tahun.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com