Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
PPID Kementan
100 Teknologi
WBS
benih jebol

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Pemasaran Buah Salak Pondoh Sistem Konvensi PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 03 Juli 2014 09:35

Salak pondoh (Salacca edulis Reinw) merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Sleman, dan tanaman berbuah sepanjang tahun. Petani pada umumnya memanen buah salak pondoh empat kali setahun yaitu panen raya, panen selingan, panen walikan/seladran, dan panen selingan lagi. Pada saat panen raya, para pedagang pengumpul di Sleman rata-rata dapat membeli 10 ton buah salak pondoh per hari. Namun pada musim selingan mereka hanya dapat membeli 4,5 ton/hari dan pada musim walikan hanya sekitar 1,5 ton/hari.

Teknis pemasaran salak di sentra produksi Kabupaten Sleman menggunakan suatu kesepakatan umum yang tidak tertulis (konvensi) antara petani dan pedagang pengumpul. Pada tahun 2003 konvensinya adalah petani berkewajiban mendonasikan 1 kg buah salak kepada para pedagang pengumpul pelangganan untuk setiap penjualan 12 kg buah salak dan kelipatannya atau setiap penjualan buah salak petani berkewajiban memberikan 8,3 % hasil panennya kepada pedagang pelanggannya sebagai konpensasi penyusutan atau kerusakan buah di tingkat pedagang. Konvensi ini terus mengalami perubahan. Pada tahun 2013 konvensinya berubah menjadi 1 kg setiap penjualan 14 kg buah salak pondoh.

Manfaat dari sistem pemasaran ini adalah petani dan pedagang telah terikat pada satu komitmen yang menguntungkan kedua belah pihak. Hasil produksi petani pada musim panen raya akan terserap pasar. Pada musim selain panen raya pedagang tetap mendapat produk dari petani pelanggannya. Konvensi pemasaran salak pondoh di Kabupaten Sleman merupakan suatu kearifan lokal yang menguntungkan kedua belah pihak.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com