Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
100 Teknologi
Aplikasi Balitbangtan
benih jebol
Proquest
WBS
Tikus

Galeri Foto

Rumah Bibit Model Kawasan Rumah Pangan Lestari PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 01 Juli 2014 14:29

Kebun bibit mempunyai peran penting dalam penyediaan stok bibit dan tanaman bagi kelangsungan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL). Kebun bibit dilengkapi dengan rumah bibit (greenhouse) untuk pembibitan, sehingga dapat menghasilkan bibit yang sehat dalam waktu relatif cepat sesuai dengan kebutuhan. Manfaat rumah bibit diantaranya adalah agar persemaian berlangsung dengan kondisi iklim mikro yang terkendali untuk pertumbuhan tanaman dengan cara mempertahankan suhu, memperhitungkan transmisi cahaya, dan mengatur kelembaban udara secara merata sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman. Selain itu, juga berperan untuk melindungi tanaman, terutama bibit tanaman yang rentan terhadap pengaruh langsung hujan dan angin kencang yang sering terjadi pada daerah tropis serta hama serangga.

Rumah bibit yang dibangun terletak pada lahan datar yang tidak ternaungi, menggunakan tipe tunnel (lorong setengah lingkaran) dengan atap berbentuk melengkung ke bawah serta struktur busur dengan kedua kaki terpendam ke tanah sehingga dapat menyangga dan menahan bangunan lebih kuat). Ventilasi alamiah digunakan untuk mengontrol suhu, dengan menggunakan jala berlubang berukuran kecil (screen) pada dinding dan pintu sehingga mampu menahan serangga atau hama tanaman, serta dilengkapi dengan sprinkle air yang dioperasionalkan pada siang hari. Gunanya ialah agar dapat mempertahankan kelembaban udara dalam rumah bibit antara 60% sampai 80% ketika sinar matahari sangat panas masuk ke dalam rumah bibit serta suhu tercatat pada rentang 28–38oC. Kerangka menggunakan besi stall dengan ukuran yang disesuaikan dengan kondisi dan luas lahan. Rak persemaian menggunakan kawat wermes anti karat berukuran 2 x 2 cm. Atap rumah bibit menggunakan bahan dari plastik ultra violet (UV) 14 %.

Rumah bibit ini telah dibangun oleh BPTP Yogyakarta pada tahun 2012 dan 2013 pada kegiatan MKRPL. Untuk mengetahui kondisi stabilitas suhu dan kelembaban, di dalam rumah bibit dilengkapi dengan alat digital thermo-hygro untuk mengukur suhu dan kelembaban udara. Dengan demikian pengelola kebun dapat mengontrol kondisi di dalam rumah bibit.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com
instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google