Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
benih jebol
PPID Kementan
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
100 Teknologi

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Bupati Bantul Panen Bawang Merah Asal Biji PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Sabtu, 01 September 2018 08:15

Bupati Bantul Drs Suharsono hari Rabu (29/8/2018) melakukan panen bawang merah di Kelompok Tani Manunggal Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Panen kali ini berbeda dengan panen bawang merah sebelumnya dengan menggunakan  bibit asal biji. Turut serta dalam panen bawang merah Kepala Dinas Pertanian DIY, Kepala BPTP Yogyakarta, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul dan dinas lainnya.

Tanam bawang merah asal biji di Kelompok Tani Manunggal dilakukan BPTP Yogyakarta bersama dengan  Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, PT East West maupun petani kooperator melakukan terobosan tanam bawang merang dengan menggunakan biji. Kebiasaan petani sebelumnya menanam bawang merah menggunakan bibit dari umbi, sehingga diperlukan biaya yang cukup besar untuk beli bibit.

Hasil panen bawang merah tahun kemarin dengan sekarang berbeda karena caratanamnya berbeda. Tahun kemarin, tanam bawang merah cara tanam hanya menggunakan umbi, sedang tahun ini menggunakan bibit asal biji. Tadi saya lihat hasil panen bawang merah dari biji lebih bagus, buahnya lebih besar dan lebih merah kata Drs Suharsono Bupati Bantul selepas panen.

Sementara Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Joko Pramono, MP dalam acara tersebut mengatakan, kebutuhan bibit bawang merah untuk lahan satu hektar dibutuhkan bibit dari umbi berkisar 40 jutaan tergantung harga bibit. Kalau dibandingkan tanam dengan biji bawang merah biayanya lebih sedikit dibutuhkan bibit berkisar 1,5-2 kg berkisar kurang lebih 5-6 jutaan.

Keuntungan tanam dengan biji ketahahanan terhadap hama dan penyakit terutama hama penyakit tular umbi dieliminir, keunggulan lainnya tekstur umbi lebih keras dan lebih bagus. Lebih lanjut dikatan Dr Joko Pramono upaya peningkatan produksi bawang dari biji di lahan pantai pasir tergolong lahan kurang subur dengan teknologi amelioran, pemberian biochar, pupuk kandang agar kondisi tanah cocok untuk budidaya bawang merah.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com