Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
100 Teknologi
Aplikasi Balitbangtan
WBS
benih jebol
PPID Kementan

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Badan Litbang Pertanian Kembangkan Largo Super di Kabupaten Gunungkidul PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Minggu, 26 Agustus 2018 12:43

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian akan kembangkan teknologi budidaya Largo (Larikan Padi Gogo) Super di tiga Wilayah Indonesia salah satunya di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta tepatnya di Wana Mengger, Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar. Dua wilayah lain, pengembangan Largo Super di Sukabumi Jawa Barat dan Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Kepala BPTP Yogyakarta yang diwakili Agung Iswadi, SSi, M.Sc dalam sosialisasi Largo Super hari Jum'at (24/8/2018) mengatakan bahwa tanaman padi gogo yang akan ditanam di bawah tegakan kayu putih diharapkan berproduksi lebih tinggi. Badan Litbang Pertanian akan mendampingi para petani secara penuh dan akan menempatkan petugas dari BPTP Yogyakarta yaitu Bpk Muzahid Mustofa tinggal di Dusun Mengger untuk mendampingi petani sampai dengan panen.

Sementara Ir. Bambang Wisnu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten sangat mendukung kegiatan Largo Super dan penerapan paket teknologi terutama padi di Kabupaten Gunungkidul  oleh Badan Litbang Pertanian. Lahan di wilayah Nglipar  cukup luas harapannya demfam dapat berkembang di lahan Nglipar lainnya mencapai 2.000 hektar. Penyebaran varietas padi di Kabupaten Gunungkidul menurut Ir Bambang Wisnu paling luas jenis padi in hibrida sejumlah 5.500 hektar, berikutnya Segreng (beras merah) 5.260 hektar, Ciherang 3.206 hektar, Mikongga 1.436 hektar, IR 64,   dan Padi hibrida 297 hektar.

Komponen teknologi Largo Super yang akan diterapkan kata Prof. I Nyoman Widiarta saat Sosialisasi Largo Super benih menggunakan  VUB Padi Gogo meliputi Rindang 1, Rindang 2, Inpago 8, Inpago 10, Inpago 1 serta Inpago Unsoed dengan penggunaan Agrice Plus untuk perlakuan benih. Guna mempercepat pelapukan pupuk kandang dengan menggunakan aplikasi Biodecomposer Agrodeco. Komponen teknologi lainnya dengan penggunaan pupuk cair, pestisda nabati maupun insektida serta penggunaan Atabela (Alat Tanaman Benih Langsung) berupa drum seeder yang pada prinsip kerjanya akan membuat larikan, menabur benih dan menutup larikan dalam satu tarikan.

Petani menyambut gembira adanya program Largo Super ini  ungkap Tugiyo salah satu anggota Kelompok Tani Sedyo Utomo,  petani akan mengikuti dan melaksanakan penerapan teknologi yang dianjurkan. Adanya program ini, para petani mengenal variaetas unggul baru padi gogo tahan naungan dan berproduksi lebih tinggi.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com