Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Aplikasi Balitbangtan
WBS
benih jebol
PPID Kementan
Proquest
100 Teknologi

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Kelompok P3A Tirto Mulyo Akan Kembangkan Sumur Pompa PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 09 Agustus 2018 08:00

Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirto Mulya Desa Wareng Kabupaten Gunungkidul akan kembangkan sumur pompa guna tingkatkan indeks pertanaman (IP) padi dari satu kali menjadi dua kali dalam satu tahun. Lokasi pengembangan  sumur pompa terletak di Bulak Lor Polaman Wareng Wonosari Gunungkidul. Kemauan ini didorong atas keberhasilan penerapan introduksi sumur pompa yang dilakukan bersama BPTP Yogyakarta sejak tahun 2017 yang telah terbukti meningkatkan indeks pertanaman padi dari satu menjadi dua kali.

Hasil panen padi MT II bulan Juni 2018 pada kegiatan peningkatan Indek Pertanaman (IP) padi diperoleh hasil dengan provitas varietas Inpari 43 Agritan CSR rata-rata 4,6 t/ha GKG. Waktu tanam padi tahun ini  di Bulak Lor Polaman mengalami kemunduran, sedangkan datangnya musim kering pada Bulan April dasarian III atau lebih lebih cepat dari tahun sebelumnya. Keberhasilan panen ini tidak terlepas keberadaan sumber air irigasi suplementer dari pompanisasi sumur pompa submersible ungkap oleh Ir. Mulyadi MSP saat melakukan sosialisasi hasil pengkajian BPTP Yogyakarta pada Hari Kamis (2/8/2018).

Keberadaan dua buah sumur pompa yang dibuat BPTP Yogyakarta dan dikelola oleh P3A Tirto Mulya memberikan pendapatan cukup besar bagi kelompok. Sampai awal Agustus 2018, pendapatan yang diperoleh dalam pengoperasian sumur sebesar 14 juta lebih ungkap Nurdianto pengurus P3A dalam acara diskusi. 
Pendapatan ini menurut Nurdianto, sebagai modal untuk mengembangkan satu buah sumur untuk meningkatkan IP padi di lahan kering yang belum bisa diairi dengan sumur yang tersedia.

Permasalahan yang dihadapi kelompok berupa jaringan listrik belum tersedia  untuk mengoperasikan pompa. Beliau berharap dukungan instansi terkait untuk mewujudkan harapan kelompok dalam mengembangkan sumur pompa.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto dalam acara tersebut memberikan apresiasi terhadap peserta sosialisasi telah mengikuti penerapan teknologi pertanian yang diberikan oleh BPTP Yogyakarta dalam rangka mendukung swasembada pangan. Ir. Bambang Wisnu juga meberikan informasi perkiraan musim hujan akan tiba pada bulan Oktober. Beliau mengingatkan kepada para petani untuk mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan mengadapi tanam padi pada MT I seperti benih, pupuk maupun sarana lainnya.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com