Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
benih jebol
PPID Kementan
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
100 Teknologi

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Bupati Gunungkidul Canangkan Gerakan Tanam Padi Pada MT III PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 24 Juli 2018 10:13

Bupati Gunungkidul diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Ir Bambang Wisnu Broto Hari Senin (23/7/2018) mencanangkan gerakan tanam padi pada Musim Tanam III tahun 2018 di Kelompok Tani Sari Bumi. Gerakan tanam saat ini dalam rangka mendukung pecapaian target luas tambah tanam (LTT) padi bulan Juli 2018 dilaksanakan di Dusun Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

Target capaian LTT Bulan Juli  DIY tahun 2018 dalam Rapim Kementerin Pertanian beberapa waktu lalu ditingkatkan menjadi delapan ribu hektar dari target awal sebelumnya empat ribu dua ratusan hektar ungkap Dr. Joko Pramono Kepala BPTP Yogyakarta pada acara gerakaan tanam padi. Kita bersama Dinas Pertanian berupaya menyisir lokasi yang memiliki potensi air untuk dilakukan percepatan tanam dengan memanfaatkan fasilitas dam parit yang telah dibangun maupun pompa.

Percepatan tanam yang kita lakukan saat ini diharapkan dapat meningkatkan LLT,  sehingga Kabupaten Gunungkidul mampu menyumbang luas tambah tanam di DIY. Sementara target LLT di Kabupaten Gunungkidul dari awal saya yakin dapat tercapai ungkap Dr Joko.

Di musim kering ketersediaan air cenderun menurun, mumpung sekarang air masih tersedia kita lakukan percepatan tanam padi agar tanaman pada MT III terhindar dari kekuarangan air. Harapannya di MT  III  para petani mendapatkan hasil panen padi yang bagus. Karena pada kondisi ini, sinar matahari penuh sehingga proses fotosintesis dengan baik sehingga diperoleh hasil padi yang tinggi. Harapannya percepatan tanam di lokasi-lokasi potensial air dapat dimaksimalkan sambil terus persiapan untuk tanam segera di Bulan September begitu hujan tiba.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul Ir Bambang Wisnu Broto disela-sela gerakan tanam padi mengatakan, potensi lahan sawah Gunungkidul  mencapai 7.865 hektar. Target luas tambah tanam periode April – September 2018 sebesar 1.765 hektar, sementara capaian LTT pada Bulan Juli sampai saat ini kurang lebih baru mencapai 40 persen.

Pencapaian produksi tanaman padi Tahun 2017 sebesar 293.380 ton gabah kering giling, selanjutnya untuk tahun 2018 angka ramalan produksi 301.926 ton gabah kering giling.  Jika dibanding produksi padi tahun lalu dengan tahun ini terdapat kelebihan atau surplus.

Sementara luas tanam padi Kelompok Tani Sari Bumi pada MT III mencapai 42 hektar dengan varietas Ciherang, Inpari 7 & Inpari 24. Sistem tanam menggunakan Jajar Legowo 2:1 dan 4:1 sejak dikenalkan BPTP Yogyakarta tahun 2011. Hasil produktifitas padi di Kelompok Sari Bumi MH 1 2018 mencapai 7,925 ton per hektar dan MH 2 mencapai 7,786 ton per hektar ungkap Supardi Ketua Kelompok Sari Bumi saat memberikan sambutan.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com