Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
PPID Kementan
100 Teknologi
WBS
benih jebol

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Tanam Padi MT II Terlambat Menyebabkan Kekeringan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 04 Juli 2018 09:30

Kekeringan tanaman padi yang terjadi disebagian lahan milik petani saat ini Kamis (28/6/2018) di Dusun Siraman III Siraman  Wonosari  Gunungkidul akibat tanam padi pada musim tanam II terlambat. Akibatnya, saat tanaman padi membutuhkan air untuk pengisian bulir padi,  air sudah tidak ada sedangkan air sumur ladang tidak mencukupi lagi untuk mengairi.  Hal ini disebabkan musim kering kemarau terjadi lebih awal pada dasarian III bulan April 2018. Lokasi ini merupakan lahan tadah hujan, suplai air sangat tergantung dari air hujan.

Menurut Jumiyo Ketua Kelompok maupun Mangun Samidi anggota Tri Tunggal Karya membenarkan bahwa kekeringan tanaman padi saat ini akibat tanam padi mengalami kemuduran satu bulan hingga akhir Maret. Hal tersebut diungkapkan saat melakukan peninjauan lapang bersama Dr. Joko Pramono Kepala BPTP Yogyakarta bersama Koordinator Penyuluh BPP Wonosari. Lebih lanjut dikatakan Jumiyo, petani menyadiri anjuran dari penyuluh tanam padi pada MT II paling lambat pada akhir bulan Februari atau awal Maret.

Mereka jelaskan, kemunduran tanam padi disebabkan tenaga kerja tidak ada. Petani sibuk menangangi hasil panen padi musim tanam I, seharusnyanya digunakan untuk mengolah lahan maupun menyiapkan tanam padi berikutnya. Petani menyadari sejak awal tanaman padi nantinya akan terjadi kekurangan air, walaupun demikian petani tetap dapat memanfaatkan jerami padi sebagai pakan ternak.

Guna meminimalisasi kegagalan panen kedepan di wilayah tersebut, pemerintah saat ini sedang membangun saluran irigasi dengan pipa sepanjang 1.600 meter dengan diameter 6 inci serta saluran air terbuka sepanjang 600 meter. Jaringan tersebut nantinya untuk mangalirkan air dari sumur  pompa yang terletak di Desa Kepek Wonosari menuju wilayah pertanaman di Dusun Siraman II Siraman Wonosari Gunungkidul.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com