Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBS
benih jebol
PPID Kementan
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
100 Teknologi

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Musim Kering, Petani Kutugan Gunungkidul Panen Padi PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 10 Juli 2018 09:22

Petani Kelompok Tani Sido Dadi Dusun Kutugan, Desa Pundungsari, Semin Kabupaten Gunungkidul hari Senin (9/7/2018) bisa menikmati panen padi saat musim kering. Hasil panen ubinan padi varietas Hibrida Arize mencapai mencapai 13 ton per hektar gabah kering panen. Luas tanam padi MT II mencapai 90 hektar, bahkan pada musim tanam berikutnya (MT III) petani masih dapat tanam padi seluas 11 hektar, sementara di wilayah Gunungkidul lainnya sebagian besar kekurangan air.

Untuk mencapai Dusun Kutugan yang terletak di puncak gunung kurang lebih 7 km dari Kecamatan Semin dengan medan cukup berat  dengan jalan menanjak dan berkelok-kelok. Jika telah sampai di Dusun Kutugan, perjalanan yang  berat dan cukup menegangkan akan terobati dengan sejuknya udara di wilayah tersebut.

Kepala BPTP Yogyakarta Dr Joko Pramono saat menghadiri panen merasa bangga,  pertanian di Dusun Kutugan Pundungsari Semin Gunungkidul cukup bagus, walaupun lahan kering petani bisa tanam dua kali bahkan bisa tanam tiga kali. Kedepan, dengan dukungan pemerintah, luas tanam pada musim tanam ke tiga dapat ditingkatkan. Kabupaten Gunungkidul manjadi salah satu pilihan untuk peningkatan luas tambah tanam (LTT) selain Kabupaten Sleman dan Bantul. Sementara Kabupaten Kulon Progo sebagian besar lahannya kering hingga September karena ada perbaikan saluran irigasi.

Sementara Ir. Bambang Wisnu Broto Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dalam sambutan panen padi mengatakan, Dusun Kutugan yang terletak terletak di puncak gunung dapat panen padi memcapai 13 ton per hektar dengan menerapkan teknologi jajar legowo 2 : 1 merupakan capai petani yang luar biasa. Hasil produksi pertanian di Dusun Kutugan Pundungsari menurut Ir Bambang Wisnu masih surplus produksi 35 ton untuk disimpan sebagai cadangan pangan

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com