Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
PPID Kementan
100 Teknologi
WBS
benih jebol

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Petani Jepitu Panen padi Pertama di Musim Tanam II PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 25 Mei 2018 09:57

Petani yang tergabung dalam kelompok tani UsahaMakmur di Wilayah Pelem Jepitu Girisubo merasa senang dapat panen padi pertama kali pada musim tanam II melalui pendampingan BPTP Yogyakarta yang baru dilakukan pada tahun 2018. Panen padi dilakukan pada hari Kamis (24/5/2018) yang diawali dengan melakukan panen ubinan bersama-sama dengan BPTP Yogyakarta dan Mantri Tani Girisubo.

Hasil panen saat ini kurang makasimal akibat musim kering lebih awal  ungkap Ir. Mulyadi MSP Peneliti BPTP Yogyakarta saat melakukan panen bersama petani. Berdasarkan data curah hujan beberapa tahun sebelumnya saat ini masih terjadi hujan, sehingga  diperkirakan tanaman padi uji coba tanam pada MT II tercukupi. Kedepan kata Ir. Mulyadi MSP dalam melanjutkan tanam padi pada musim tanam yang sama menggunakan varietas yang memiliki umur pendek meliputi Inpari 19 maupun Segreng.  Hasil panen varietas Inpari 19, Inpari 31 dan Inpari 43 diperoleh hasil panen ubinan terendah 5,104 ton per hetar dan tertinggi 10,072 ton per hektar Gabah Kering Panen (GKP).

Ketua kelompok Usaha Makmur Desa Jepitu Gunungkidul Suwardi maupun petani setempat merasa senang dapat panen padi pada MT  II yang baru pertama dilakukan. Hasil panen saat ini lebih bagus dibandingkan dengan musim tanam I walaupun sedikit kekurangan air.

Sistem tanam jajar legowo 2:1 baru pertama kali dilakukan sangat membantu dalam pengelolaan tanaman ungkap Suwardi selepas panen ubinan. Harapan beliau kedepan sistem tanam tajarwo akan diberlanjutkan lagi dengan waktu tanam lebih awal.

Semantara Parjono selaku Mantri tani di wilayah Girisubo berharap kelompok tani tahun depan lebih semangat untuk melanjutkan dan meningkatkan luas tanaman padi dari 5 hektar menjadi lebih banyak karena potensi lahan  yang damencapai 10 ha.

Waktu tanam di Dusun Jepitu agak terlambat sehingga kedepan agar memperhatikan situasi jika tanaman pada musim I kurang lebih  10 hari hingga 15 hari menjelang panen agar petani membuat uritan untuk musim tanam ke2 .

Lebih lanjut dikatakan Parjono untuk penanaman padi di Bulak Suwuk Jepitu telah ditiru dibeberapa wilayah  meliputi Bulak Krokoh sejumlah tiga orang dan Bulak Balong didaerah Sentul, Mutusari, Bendung. Sedangkan dilain Desa meliputi Song Banyu dan Pucung mengikuti tanaman padi pada musim Tanam II  sejumlah 2 hektar dan sekarang sudah mulai panen . Perjono selaku Mantri Tani di Kecamatan Girisubo ikut bergembira dan berterima kasih atas dukungan dan  bimbingan dari BPTP.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com