Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
Aplikasi Balitbangtan
PPID Kementan
100 Teknologi
WBS
benih jebol

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Rumput Gajah Mini untuk Pakan Ruminansia PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 10 April 2018 08:44

Program pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan, harus didukung oleh ketersediaan pakan. Salah satu upaya dalam meningkatkan produktivitas ternak ruminansia adalah dengan menyediakan hijauan pakan dalam kuantitas dan kualitas yang cukup sepanjang tahun.

Ketersediaan hijauan pakan dengan kualitas yang baik pada saat musim kemarau sangat terbatas. Pengembangan rumput gajah mini merupakan salah satu alternatif dalam penyediaan hijauan pakan karena rumput ini merupakan jenis rumput unggul.

Rumput gajah mini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan rumput gajah yaitu pertumbuhan dan regrowth yang cepat, rasio daun dan batang, kandungan protein dan produksi bahan kering yang tinggi.

Produksi hijauan rumput gajah mini juga tinggi, dengan kandungan protein 10-15% dan kandungan serat kasar yang rendah. Selain itu juga memiliki kandungan karbohidrat struktural lebih rendah sehingga memiliki kecernaan yang tinggi. Rumput gajah mini juga dapat diberikan dalam bentuk silase maupun kering (hay).

Rumput gajah mini dapat diandalkan sebagai sumber protein dan energi untuk mendukung pertumbuhan ternak ruminansia dengan kandungan nutrisi yang tinggi.

Produksi protein kasar 2-3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan produksi protein kasar rumput lain. Hal ini menunjukkan bahwa rumput gajah mini merupakan spesies rumput yang memiliki potensi besar sebagai sumber hijauan pakan bagi ruminansia.

Pengolahan rumput gajah mini melalui teknologi fermentasi direkomendasikan saat produksinya melimpah, sehingga dapat dimanfaatkan pada musim kemarau dimana ketersediaan hijauan terbatas. (Ndu) Informasi lebih lanjut : Puslitbang Peternakan.

Sumber: Badan Litbang Pertanian

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com