Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
100 Teknologi
Aplikasi Balitbangtan
WBS
benih jebol
PPID Kementan

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

TOT Kawasan Rumah Pangan Lestari PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 04 Mei 2018 08:05

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan alternatife terobosan pembangunan pertanian untuk mewujudkan penganekaragaman atau diversifikasi pangan dan pemenuhan pangan rumah tangga. Pola konsumsi pangan yang bergizi, sehat beragam dan aman, sehingga dapat memberi kesejahteraan yang layak bagi masyarakat dapat mendukung pembangunan wilayah melalui pendekatan spesifik lokasi.

Meningkatkannya kemajuan pembangunan pertanian melalui pendekatan spesifik lokasi khususnya keberhasilan pelaksanaan kegiatan KRPL, BPTP Yogyakarta menyelenggarakan Training Of Trainers (TOT) KRPL 2018 pada tanggal 3 Mei 2018 di Aula BPTP Yogyakarta. TOT diikuti oleh 55 peserta kelompok tani (KWT) dan penyuluh pendamping dari empat kabupaten yaitu Gunungkidul, Sleman, Bantul, Kulon Progo. TOT merupakan salah satu kegiatan utama yang tercantum dalam panduan kegiatan pendampingan KRPL 2018, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan petani terutama dalam hal optimalisasi pekarangan melalui KRPL.

Kegiatan ini dibuka  oleh kepala BPTP Yogyakarta yang diwakili Koordinator Program dan evaluasi  Dr. Sugeng widodo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungan atas diadakan TOT dapat memberikan manfaat dalam pengembangan KRPL di KWT masing-masing. TOT sangat bermanfaat karena tahun ini dan kedepannya nanti KRPL merupakan program utama Kemeterian Pertanian sehingga perlu dikembangkan  KRPL DIY menjadi sumber inspirasi KRPL nasional setelah Jawa Timur. Beliau juga berharap agar setelah mengikuti TOT Kawasan Rumah Pangan Lestari hasilnya dapat disampaikan, diimplementasikan di KWT masing-masing dan kedepannya KRPL bisa dijadikan destinasi wisata di DIY.

Pemaparan materi disampaikan oleh BKPP DIY  dan peneliti, penyuluh BPTP Yogyakarta. Materi yang disampaikan melalui teori dan praktek meliputi :1) Percepatan penganekaragaman konsumsi pangan 2) Penyiapan media tanam 3).Budidaya sayuran pekarangan 4).Pengendalian hama penyakit tanaman 5) Pascapanen sayuran dan buah pekarangan 6) Pembuatan POC 7) Pembuatan Biochar. Kegiatan ini diakhiri dengan praktek lapangan tentang pembuatan Biochar dan POC yang diikuti oleh seluruh peserta TOT.

 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com