Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
100 Teknologi
Aplikasi Balitbangtan
WBS
benih jebol
PPID Kementan

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Kementan Safari Panen Padi di Bantul PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 09 Januari 2018 13:14

Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Muhammad Syakir melakukan safari panen padi di dua lokasi di Kabupaten Bantul, DIY pada hari Senin (8/1/2018). Panen pertama  dilakukan di Kelompok Tani Boga Lestari Dusun Samben,  Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta pada hamparan 25 hektar dengan produktifitas mencapai 8,096 ton per hektar gabah kering panen. 
Panen ke dua di Kelompok Tani Subur Makmur Dusun Klisat, Desa Srihardono Pundong pada hamparan persawahan seluas 2 hektar hasil panen ubinan mencapai 8,2  ton per hektar.


Panen padi kali  ini merupakan keberhasilan penerapan program UPSUS menggunakan varietas unggul dan penggunaan alsintan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama dinas pertanian, pemerintah daerah dan TNI Bantul serta Bulog. Dukungan sarana irigasi,  indeks pertanaman dapat ditingkatkan. sehingga sepanjang tahun bisa tanam, bisa panen.  Tiada hari tanpa tanam dan tiada hari tanpa panen sehingga suplai beras selalu ada ungkap Dr. Muhammad Syakir disela-sela panen di Dusun Argomulyo.


Selain itu, Kecamatan Sedayu diharapkan mampu meningkat produktivitasnya setelah pemberian bantuan berupa benih padi sumber varietas unggul Inpari 30 dari Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Yogyakarta. Benih padi dapat ditanam pada lahan sekitar 16 hektar dan akan menghasilkan benih padi untuk mencukupi 3.000 hektar, karena benihnya masih bisa dikembangkan menjadi benih bisa mencukupi benih 15.000 hektar. Ini baru satu kecamatan saja, kalau dilakukan terus menerus, diharapkan Bantul bisa giring DIY jadi mandiri benih, ungkap Dr. Syakir.

Upaya peningkatan produksi padi di Kecamatan Sedayu menurut  Fauzan Camat Sedayu dengan membuat rubuhan (rumah burung hantu) untuk pengendalian hama tikus. Rubuhan ini merupakan salah program kecamatan untuk mengangkat Kecamatan Sedayu menjadi Kecamatan  Wisata.

Supardal selaku Mantri Tani Kecamatan Sedayu, sistem tanam padi para petani kebanyakan menggunakan jajar legowo 4 dan 6. Sedangkan pemanfaatan alat tanam transplater maupun .alat panen power harvest saat ini masih dalam tahap pengenalan mengingat keterbatasan tenaga kerja sebagian besar usia sudah tua.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com