Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Proquest
100 Teknologi
Aplikasi Balitbangtan
WBS
benih jebol
PPID Kementan

Galeri Foto

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Petani Balong Gunungkidul Gembira Bisa Panen Padi Lebih Awal PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 05 Januari 2018 08:22

Petani Desa Balong Girisubo Gunungkidul tampak gembira bisa panen padi bersama Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu, Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Joko Pramono beserta Dandim Gunungkidul hari Kamis (4/1/2018).

Panen padi di Gunungkidul wilayah selatan kali ini merupakan panen padi lebih awal dibandingkan tempat lain di wilayah Kabupaten Gunungkidul bagian tengah maupun bagian utara. Panen padi pertama,  jenis Segreng (padi merah) di Dusun Ngrombo I Desa Balong Girisubo Gunungkidul dengan produktifitas  4,54 ton per hektar gabah kering panen. Kemudian panen kedua, di Dusun Widoro Desa Balong Girisubo jenis yang sama produktifitas 8,96 ton per hektar gabah kering panen.

Hasil panen padi yang telah dicapai menurut Dr. Joko Pramono sudah cukup bagus, namun potensi peningkatan produksi masih berpeluang bisa ditingkatkan dan menjadi tanggung jawab Badan Litbang Pertanian untuk melakukan pendampingan penerapan inovasi teknologi bersinergi dengan dinas pertanian setempat.

Varietas unggul yang dapat introduksikan untuk mendongkrak produksi yakni Inpari 19 memiliki umur pendek. Dengan mengatur majemen waktu, mampu meningkatkan panen dari satu kali menjadi dua kali dalam setahun  seperti yang telah diujikan di Wareng. Untuk beras merah Badan Litbang memiliki varietas berpotensi produksi 7-8 ton yakni Inpari 24 Cuma umurnya agak panjang.

Sementara Wakil Bupati Gunungkidul Imawan Wahyudi mengatakan target peningkatan pertanian dengan melihat potensi di Desa Balong luar biasa, pertama dengan perbaikan majemen waktu. Perbedaan waktu sepuluh sampai  dua puluh hari sangat berarti dalam dunia pertanian. Perbaikan kedua melalui teknik pertanian dengan support berbagai teknologi yang lebih maju dan canggih.

Masyarakat harus diapresiasi,  petanilah digarda terdepan, meraka menghadapi masalah yang konkrit, melakukan solusi yang kongkrit dan berdampak kongkrit.

LAST_UPDATED2
 
wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror hacklink wso shell
Joomla Templates by JoomlaVision.com